Hubungan
koperasi yang terjadi dalam pelaksanaan operasionalnya adalah dengan anggota
yang memiliki kedudukan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Anggota
yang berkedudukan sebagai pemilik akan memberikan dana dengan harapan akan
mendapat keuntungan,sedangkan anggota yang berkedudukan sebagai pengguna jasa
akan menggunakan jasa koperasi dengan harapan kebutuhannya tersedia di koperasi
dan akan memperoleh keuntungan dibandingkan jika memperoleh kebutuhan dari
pihak lain.
Kesimpulannya
masyarakat akan berpartisipasi dalam kegiatan koperasi jika:
·
Kegiatan yang dilakukan koperasi sesuai
dengan kebutuhan masyarakat
·
Pelayanan yang diberikan oleh koperasi
lebih menguntungkan dibandingkan pelayanan dari pihak di luar koperasi
Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasi
anggota menentukan keberhasilan koperasi.Partisipasi anggota dipengaruhi oleh besarnya
nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Faktor
Utilitarian adalah koperasi memberikan pelayanan berupa barang dan jasa yang
efisien yaitu dengan memberikan pengurangan biaya dan memperoleh keuntungan
dari SHU baik dengan tunai maupun dalam bentuk barang maka setiap harga yang
ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga
untuk non anggota.
Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan koperasi
Keberhasilan
koperasi tidak hanya dinilai dari laba yang didapatkan tetapi juga dari
pelayanan koperasi. fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya
partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi
anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota.
Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Di sebabkan oleh
perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi.
Dua faktor yang
mendorong koperasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap anggotanya yaitu:
1. Adanya
persaingan dari organisasi lain (non koperasi)
2. Perubahan
kebutuhan masyarakat akibat perubahan jaman
Jika koperasi
dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada anggotanya dibandingkan organisasi
lain (pesaing) maka partisipasi anggota terhadap koperasi akan meningkat.Untuk
meningkatkan pelayanan koperasi harus mencari informasi-informasi dari para
anggota koperasi mengenai apa yang dibutuhkan oleh anggota saat ini dan
pelayanan yang seperti apa yang ingin mereka dapatkan dari koperasi
sumber : http://raninku.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar